Home > EHS Regulation > Database Peraturan LK3 (Web base software)

Database Peraturan LK3 (Web base software)

Apakah kita sudah tahu berapa banyak peraturan terkait lingkungan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3) yang berlaku bagi perusahaan kita? Apakah kita sudah mengetahui status pemenuhan peraturan-peraturan LK3 tersebut? Adakah peraturan yang sangat penting tapi belum kita taati? Apakah top manajemen sudah mendapatkan laporan terkait status pemenuhan ini?

Sederet pertanyaan tadi harus kita jawab karena akan menentukan apakah perusahaan kita bisa tetap beroperasi dengan normal dan berkelanjutan (‘sustain’). Untuk membantu menjawab pertanyaan diatas dan dalam rangka perusahaan memenuhi atau mentaati peraturan-peraturan LK3, penggunaan software database peraturan LK3 yang berbasis web bisa membantu untuk mempermudah kebutuhan ini.

Penggunaan software ini menjadi lebih penting terutama bagi perusahaan yang mempunyai banyak dampak yang signifikan ke lingkungan dan pekerja sehingga akan banyak sekali peraturan-peraturan terkait LK3 yang berlaku bagi perusahaan ini. Jika ada peraturan baru yang terlewat dan tidak teridentikasi oleh suatu perusahaan dimana ada kondisi persyaratan yang ada diperaturan itu mengharuskan perusahaan untuk memenuhi baku mutu yang lebih ketat atau ada kewajiban baru yang harus dipenuhi terkait ijin atau penyediaan infrastruktur. Jika ini terjadi maka akan menjadi resiko yang sangat besar bagi perusahaan karena ada aspek hukum yang berpotensi untuk dilanggar dan aspek denda yang akan mengakibatkan kerugian secara finansial.

Berikut adalah contoh sofware yang ada di market yang bisa dipelajari dan di coba. Software ini bernama, ECOSYS dengan ‘features’ menyediakan register atau daftar dan database dari peraturan-peraturan LK3 (bahasa Indonesia dan Inggris dalam bentuk pdf) yang sesuai dengan sektor industri kita. Kita bisa searching dengan menggunakan key word judul peraturan / topik, tahun, pihak yang mengeluarkan peraturan.

‘Features’ lainnya yang bermanfaat buat perusahaan adalah adanya summary atau ringkasan dari peraturan (tersedia bilingual – bahasa indonesia dan inggris) dimana bagi user (misal top manajemen baik lokal maupun ekspatriat) yang ingin mengetahui secara cepat tentang peraturan terkait bisa membuka menu ini. Menu “Dashboard” akan menambah manfaat dari software ini. Dari menu “Dashboard” ini kita bisa mengetahui status peraturan-peraturan yang baru dan kadaluarsa (obsolete) dari database ini termasuk data statistik dari peraturan-peraturan baru / kadaluarsa ini dibandingkan dengan data yang ada di database.

Software Ecosys ini bisa dioperasikan di personal laptop atau gadget lainnya (handpone atau tablet) sepanjang bisa terkoneksi ke internet. Salah satu perusahaan yang menggunakan software ini juga meminta kepada pihak software developer untuk melakukan pembaharuan periodik setiap tiga bulan sekali terhadap isi peraturan LK3 yang ada di ECOSYS ini.

Pengembangan selanjutnya dari ECOSYS ini adalah memasukan proses evaluasi pemenuhan peraturan dan statusnya sebagai features didalamnya sehingga perusahaan tidak saja mengetahui peraturan apa saja yang berlaku dengan sektor industrinya tapi juga mengetahui status pemenuhannnya.

Versi demo dari software ECOSYS ini tersedia dilink ini: http://demo.insolity-asia.com/#ajax/bygov.php?reloaded=1

Jika ada saran, feedback atau pertanyaan, silahkan disampaikan di dalam blog ini. Selamat mencoba demonya…

 

 

 

Categories: EHS Regulation Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: