Home > Climate Change > Contoh perhitungan emisi GRK dari konsumsi solar

Contoh perhitungan emisi GRK dari konsumsi solar

Berdasarkan pertanyaan dari teman kita, Saudara Anto, yaitu di perusahaannya telah dipakai solar (bahan bakar diesel) sebanyak 92,780.5 kiloliter dalam 1 tahun dengan jumlah produksi 1,537,975 unit produk. Berapakah total emisi karbon ekivalen (ton CO2 e) dan berapa total CO2 e per produksinya?

Jawabannya adalah sebagai berikut:

Prinsip dasar perhitungannya adalah [volume bahan bakar yang dikonsumsi] x [Faktor emisi].

Tetapi karena unit satuan dari faktor emisi itu adalah unit massa (metriks ton) per unit energy (Joule), maka kita harus rubah satuan volume dari bahan bakar ke satuan energi dengan cara kita kalikan dengan nilai Higher Heating Value, yaitu besaran energi yang akan dikeluarkan per satuan volume energi terkait.

Mari kita lihat langkah demi langkah perhitungannya dengan melihat tabel A. Pertama, konversi data volume diesel dari Kilo liter ke m3 (lihat kolom (b) dari Tabel A), lalu kalikan hasilnya dengan data Higher Heating Value (HHV) untuk diesel (kolom (c)). Hasilnya ada di kolom (d). Untuk mendapatkan total ton CO2 kita harus mengalikan kolom (d) dengan Faktor emisi CO2 untuk HHV (kolom (e)).

Tabel A

Demikian seterusnya untuk Tabel B dan C untuk perhitungan emisi dari CH4 dan N2O. Berdasarkan berbagai literatur, termasuk Conpedium 2009, jika bahan bakar fosil dibakar maka akan di emisikan 3 jenis gas rumah kaca, yaitu CO2 (yang paling dominan), CH4 dan N2O.

Tabel B

Tabel C

Untuk mendapatkan total CO2 ekivalen maka hasil dari perhitungan untuk CO2, CH4 dan N2O harus dikalikan dengan Global Warming Potential (GWP) dari masing GRK tersebut (lihat tabel D).

 

Tabel D

 

Jadi hasil perhitungan akhirnya adalah akan diemisikan sebesar 254 ton CO2 ekivalen dan 0.00016 ton CO2 e per unit produk atau 0,16 kg CO2 e per unit produk.

Semoga sekarang menjadi jelas buat semuanya.

Categories: Climate Change
  1. endrawan
    September 1, 2015 at 10:46 am

    Mohon bantuannya untuk menghitung beban emisi untuk gas konvensional (SOx, NOx dan partikulat) untuk kendaraan alat berat. Total konsumsi solar 1,993,931 liter. terima kasih

    • April 1, 2016 at 4:58 pm

      pak ENdrawan, maaf saya telat responnya. Apakah masih valid pertannyaannya dan perlu saya respon?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: