Home > climate change > CARA MUDAH MELAPORKAN EMISI GAS RUMAH KACA (GRK)

CARA MUDAH MELAPORKAN EMISI GAS RUMAH KACA (GRK)

Setelah kita bersusah payah menghitung dan mencoba menurunkan emisi gas rumah kaca (grk) dari perusahaan kita, sudah saatnya kita mengkomunikasikan kegiatan tersebut ke pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholder), seperti pelanggan, masyarakat, pemerintah, pemegang saham, LSM dan sebagainya. Beberapa kendala terkadang muncul saat kita akan membuat laporan ini misalnya mengenai informasi apa saja yang harus kita laporkan, bagaimana melaporkannya dan bagaimana agar laporan kita ini bisa dipercaya oleh pembaca atau pengguna laporan kita.

Pada artikel blog saya sebelumnya kita sudah mendapatkan data berapa GRK yang kita emisikan dari perusahaan kita, baik yang berasal dari scope 1 dimana emisi karbon berasal dari kegiatan dimana kita punya kendali penuh, scope 2 dimana emisi berasal dari energi yang kita beli atau datangkan dari luar atau scope 3 adalah emisi yang berasal dari kegiatan pemasok yang memasok barang ke perusahaan kita (jika ada).

Data total (gross) dari GRK dalam waktu satu tahun harus dilaporkan dengan satuan ton dari CO2e dari masing-masing scope yang terkait. Sebaiknya data satu tahun tersebut di bandingkan dengan data satu tahun sebelumnya dan data tahun pembanding sebagai dasar pembanding jika dilakukan penurunan dari emisi GRK secara bertahap (lihat tabel 1 sebagai contoh).

Ditambahkan juga data penurunan GRK yang sudah dilakukan dari tahun yang sama, tahun sebelumnya (jika ada) dan tahun pembanding. Dari sini kita mendapatkan data emisi GRK yang nett dimana total (gross) GRK dikurangi jumlah emisi GRK yang diturunkan (lihat tabel 1 sebagai contoh).

Data lainnya yang bisa ditambahkan, misal target penurunan emisi GRK baik nilai penurunan absolute atau berupa ratio terhadap jumlah produksi atau pendapatan. Jangan lupa jika ada data yang tidak dimunculkan harus dijelaskan alasannya apa, misal jika untuk scope 3 tidak masuk dalam table pelaporannya.

Frekuensi laporan biasanya dilakukan setahun sekali baik melalui media laporan perusahaan tahunan atau Laporan CSR / Lingkungan / sustainability report. Bisa dalam bentuk hardcopy atau elektronik dengan kita muat di website perusahaan.

Selanjutnya tugas kita adalah memastikan agar laporan data emisi GRK kita kredibel dan dipercaya oleh pembaca atau pengguna laporan kita. Hal ini bisa diperoleh dengan memastikan transparansi dari semua data yang dimunculkan dan semuanya dapat diverifikasi. Jika ada data-data yang tidak dimunculkan sebaiknya diberikan keterangan alasan kita melakukan itu. Jika ingin lebih baik lagi, kita bisa meminta pihak independen untuk melakukan verifikasi terhadap laporan yang kita buat. Hal ini akan sangat berdampak terhadap tingkat kepercayaan dari stakeholder terhadap isi laporan emisi GRK kita.

Karena salah satu pekerjaan saya adalah sebagai verifikator untuk laporan-laporan semacam ini, bisa saja draft atau contoh laporan dikirimkan ke email saya (randy.ismail178@gmail.com), untuk nanti saya berikan feedback terkait dengan kecukupan dari laporan yang ada.

 

Tabel 1. Data emisi GRK periode 1 January 2010 – 31 Desember 2010

(*) scope 3 tidak dilaporkan datanya karena diperkirakan jumlahnya

sangat kecil (dibawah 1%) dan kurangnya data yang bisa diverifikasi.

Categories: climate change Tags:
  1. Andewi
    October 12, 2011 at 2:01 pm

    Salam Pak,

    Artikelnya menarik. Untuk mendapatkan data laporan emisi gas rumah kaca dimana ya?

    Terimakasih banyak

    • October 15, 2011 at 5:32 am

      Laporan emisi gas rumah kaca biasanya datanya ada dimasing-masing perusahaan. Jika mereka publish datanya ke publik maka kita bisa akses di website. Perusahaan-perusahaan besar yg punya laporan sustainability biasanya akan melaporkannya secara terbuka di websitenya.

  2. Kholid
    March 11, 2012 at 8:30 am

    Pak,saya mau nulis tentang energi&emisi karbondioksida, mohon info series data tahunan emisi CO2 utk msg2 propinsi ada dmn ya?

    • March 20, 2012 at 3:34 pm

      Setahu saya belum ada data selengkap itu di tiap propinsi. Data yg ada baru utk total indonesia saja. Data ini bisa didapat di klh (ada badan khusus di klh yang menangani masalah karbon atau gas rumah kaca).

  3. March 29, 2012 at 2:10 pm

    dimana cari artikel sebanyak-banyaknya tentang gas rumah kaca

    • April 4, 2012 at 5:22 pm

      Pak Yoes, bisa coba di bbrp web site sebagai berikut:
      – unfccc
      – ipcc
      – wbcsd
      – defra

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: