Home > Climate Change > CARA MUDAH TURUNKAN GAS RUMAH KACA (GRK)

CARA MUDAH TURUNKAN GAS RUMAH KACA (GRK)

Jika kita sudah mengetahui berapa besar gas-gas rumah kaca yang diemisikan ke udara dari kegiatan kita, maka berikutnya kita bisa mulai untuk mencoba menurunkan GRK tersebut. Tentunya kalau kita memang berniat untuk menurunkannya bukan.

Mengingat dampak yang sudah dan akan terjadi dari pemanasan global yang diakibatkan peningkatan GRK yang sangat luarbiasa, seperti frekuensi banjir dan longsor yang meningkat, curah hujan dan kemarau yang ekstrim, mencairnya gletser di kutub selatan dan utara dll. Maka sangat tidak beralasan kalau kita tidak mau berkontribusi untuk menurunkan GRK.

Pada prinsipnya pemanasan global bisa dicegah dengan dua cara yaitu mengurangi GRK yang diemisikan ke atmosfir atau menyerap GRK tersebut dan menyimpannya dalam sebuah media (misal pohon). Dalam tabel 1. di bawah ini bisa dilihat contoh penerapan kedua prinsip tersebut. Jika kita merasa bahwa salah satu dari contoh tersebut ada yang mirip dengan kondisi yang ada di tempat kerja kita, maka kita cek kembali ke perhitungan karbon kita apakah cukup besar atau signifikan jika kita akan coba kurangi emisi karbon dari kegiatan tersebut. Misal jika masih mengoperasikan generator set atau boiler dengan bahan bakar diesel (emisi CO2 pertahun 500 000 ton) dan kita masih belum memanfaatkan panas yang terbuang dar proses yang ada (emisi CO2 pertahun 10 000 ton). Berikutnya kita fokus terhadap kegiatan yang jauh lebih besar emisinya yaitu untuk generator set dan boiler.

Jika kita merujuk kepada tabel 1 tentang contoh proyek untuk pengurangan GRK maka kita bisa mengambil opsi penggantian bahan bakar dari diesel ke LPG/natural gas. Untuk mengetahui bagaimana metodologi dari proses penggantian bahan bakar ini dilakukan bisa merujuk ke situs unfccc di http://cdm.unfccc.int/methodologies/SSCmethodologies/approved atau http://cdm.unfccc.int/methodologies/PAmethodologies/approved dan juga misal mengadopsi proyek sejenis yang sudah dijalankan di tempat lain di Indonesia atau negara lainnya (lihat situs http://cdm.unfccc.int/Projects/Validation/index.html. Selamat mencoba! Salam hijau.

Tabel 1. Contoh-contoh proyek untuk menurunkan GRK

Categories: Climate Change Tags:
  1. Renny Juniarni
    December 14, 2010 at 5:19 pm

    Ass,
    Pak Randy, mohon penjelasan secara teknis …. dari energy terbarukan dan contoh penerapan yang ditulis di atas misalnya efisiensi listrik (efisiensi mesin,reduksi loss dalam transmisi dan distribuasi) implementasinya untuk di proyek bagaimana Pak?Terima kasih sebelumnya Pak……..

    • December 15, 2010 at 4:10 am

      Misal di ada proyek penurunan GRK yang sekaligus diklaim sbg CDM project misalnya pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di sulawesi selatan. Dokumen projectnya bisa di download di:
      http://cdm.unfccc.int/filestorage/35BM9S8VOXAWHE10UR2NJCLZKY7FIG/PDD%203474.pdf?t=Mlh8MTI5MjM2MDMyNy43OQ==|GiFFK1iM2qbAJ0Y0EkLQ1DYQlfw=

      Jadi utk proyek PLTA ini, project owner punya pilihan untuk membangun PLT Diesel atau PLTU batubara atau PLTA itu sendiri. Jadi nanti akan dihitung jika skenario PLTA dijalankan berapa emisi CO2nya, misal X dan pembandingnya (misal di SUlsel yg paling mungkin atau banyak dipraktekan adalah PLTD) adalah PLTD, dihitung juga emisi CO2nya, misal Y.

      Nah jadi selisih Y-X itulah jumlah carbon (CO2) yang bisa dihindarkan untuk diemisikan ke atmosfir. Selisih ini pula yang bisa diklaim sebagai Ceritified Emission Reduction (CER) yang bisa dijual di perdagangan karbon, katakanlah dengan harga antara 12-14 euro per ton CO2.

      Detail dari yang saya ceritakan di atas ada di pdf dokumen projek di link yang saya berikan di atas. Kalau tidak bisa download, saya bisa emailkan asal diinfokan alamat emailnya ya. Selamat mencoba dan sukses.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: